Prof Maragustam Sampaikan Kultum ISC Sesi Siang
Selasa, 14 Oktober 2014 20:44:20 WIB
Dilihat : 634 kali

LabNews- Satu lagi agenda kajian yang terangkum dalam Islamic Short Course yakni Islamic Short Couse sesi siang. Kajian ini diadakan setiap satu bulan dua kali bakda dzuhur, adapun rentang waktunya menyesuaikan. Jadwal pertama bulan Oktober ini disampaian Prof. Dr. H. Maragustam Siregar MA terkait pentingnya kesederhanaan, usaha untuk terus memperbaiki diri dan pentingnya mengendalikan hawa nafsu (Selasa, 14/10/2014).

Menurutnya, ummat saat ini harus senantiasa sederhana, baik dalam kondisi cukup maupun kekurangan. Sederhana adalah kunci kesuksesan dunia akhirat. Dengan sederhana, kita akan terhindar dari sifat tercela seperti tamak terhadap segala isi perhiasan duniawi. Nabi kita Muhammad Saw di akhir hidupnya pun telah memberikan teladan yang sempurna. Baginda Nabi mensedekahkan hartanya yang terakhir meskipun hanya 10 dinar. Rosulullah adalah insan paling sederhana, bersih saat lahir, bersih pula saat pulang.

Beliau juga menjelaskan kepada seluruh mahasiswa agar jangan cepat merasa puas. “Orang jika gampang puas, ia tidak mau belajar lagi. Ia menjadi sombong dan merasa diri paling hebat. Disitulah perbaikan diri terhenti pada titik keangkuhan”, tegasnya.

Terakhir, Guru besar UIN Sunan Kalijaga tersebut juga mengingat seluruh civitas akademis untuk mengarahkan nafsu dalam diri kearah yang baik dan bermanfaat. Jangan sampai nafsu menjadi raja dalam diri yang dapat menjerumuskan ke dalam jurang menyesatkan. Kendalikan dan arahkan lewat mimpi dan cita-cita baik menjadi dosen, pengusaha ataupun perkerjaan-pekerjaan lainnya.

Ed Zamhari

Berita Terkait

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom