Kajian Tafsir Versi Masjid UIN
Jumat, 3 April 2015 06:48:13 WIB
Dilihat : 916 kali

LabNews- Setelah selesai mengkaji tafsir surah Al-Fatihah dalam kajian rutin tafsir Al-Qur’an Kontemporer, segenap pengelola dan pengurus harian Laboratorium Agama Masjid SunanKalijaga Yogyakarta (Masjid UIN) berencana akan membuat tafsir Al-Qur’an juz 30. Kajian di atas biasa disebut “Kajian Juz Amma”. Kajian tafsir ini, berencana dibuat untuk mengambil intisari dari setiap penjelasan ayat yang telah disampaikan langsung oleh pengisi kajian.

Kajian ini insyaAllah berlangsung seminggu sekali yakni melanjutkan kajian yang terlaksana setiap hari Senin selepas pelaksanaan ibadah shalat maghrib. Bertempat di ruang utama Masjid UIN, kajian tersebut tetap diampu langsung oleh Bapak Dr. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag. selaku Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Kegelisahan saya terhadap orang-orang yang belum memahami Al-Qur’an terlebih jauh lagi saya ingin kajian utama di Masjid UIN bercirikan Al-Qur’an. Sementara, harapan saya tentang pembuatan tafsir ini semoga bisa terwujud. Juga, kajian ini jangan libur agar bisa cepat selesai.” Ujar Waryono yang juga pernah menjabat direktur Masjid UIN periode 2012, di Kantor Masjid UIN, Senin (9/3).

Beliau menambahkan bahwa adanya kajian tersebut dikarenakan masjid UIN belum pernah mengeluarkan tafsir yang mengkaji ilmu-ilmu fenomenal dan serius. Kajian ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa saja, namun bersifat umum. Di dalam kajian ini juga terdapat sesi tanya jawab yang diharapkan mampu memperkaya wawasan dan memperdalam keilmuan terkait tafsir yang akan dibuat.

(Penulis: Diki Ahmad).

Editor: Zamhari

Berita Terkait

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom