Muallaf Asal Kanada Berikrar di Masjid UIN Suka
Minggu, 19 November 2017 07:12:03 WIB
Dilihat : 75 kali

Kamis, 3/10/17, Seorang pria berkewarganeragraan Kanada mendeklarasikan dirinya untuk masuk ke dalam agama Islam di Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini disaksikan oleh ratusan jamaah yang terdiri dari masyarakat umum, staff civitas akademika UIN Suka dan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

Serangkaian acara ikrar muallaf dilaksanakan selepas pelaksanaan ibadah shalat dzuhur berjamaah. Acara ini diawali dengan membaca basmalah yang dipimpin oleh Pengurus Masjid Sunan Kalijaga. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk. H. Zaenal Abidin selaku calon mertua dari muallaf asal Kanada, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk. Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag. selaku Warek III sekaligus pembina Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga.

Dalam sambutannya, Bpk. Dr. H. Waryono berharap semoga muallaf asal Kanada itu bisa menjadi seorang muslim yang komprehensif, ramah, dan damai sebagaimana Islam di Indonesia. Beliau juga berharap semoga setelah ikrar muallaf di Masjid UIN, sang muallaf semoga bisa menjadi seorang da’i dan mampu mendakwahkan Islam yang rahmatan lil’alamiin di negeri kelahirannya.

Puncak acara ini dipimpin oleh Dr. Sujadi, M.A. sebagai pembimbing prosesi ikrar. Meskipun sang muallaf kesulitan untuk pertama kalinya mengucapkan dua kalimah syahadah, akan tetapi dengan keyakinannya yang tinggi untuk masuk Islam akhirnya mampu untuk mengucapkannya.

”ini merupakan moment yang sangat luar biasa dalam hidup saya, saya masuk Islam adalah benar-benar karena dari keyakinan saya pribadi, saya tidak mengira kalau ternyata akan ada banyak sekali orang-orang yang menyaksikan” ujar Jonathan Anthony Garnet, muallaf di Masjid UIN Suka asal Kanada.

Terakhir acara ditutup dengan membaca hamdalah, dilanjutkan dengan prosesi foto-foto sebagai kenang-kenangan. Jamaah pun membubarkan diri dengan tertib. Begitu pun dengan Jonathan beserta rombongannya, mereka segera meninggalkan lokasi untuk segera melaksanakan pernikahan antara Jonathan dengan Aulia Azizah Rakhmawati, gadis kewarganegaraan Indonesia.

(Diki Ahmad / Pengurus Harian Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Berita Terkait

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom